Ads Top

Tol Cileunyi-Tasikmalaya Dijajaki


BANDUNG, suaramerdeka.com - Jalan Tol Cileunyi-Tasikmalaya (Citas) sepanjang 76 Km tengah dijajaki guna digarap sebagai alternatif akses jalan di jalur selatan Jabar. Pembangunan ruas tol tersebut ditargetkan sudah bergulir dalam dua tahun mendatang.
"Kami membuat konsep yang berbeda dalam pembangunan tol tersebut, di antaranya bertujuan pula membuat pusat pertumbuhan baru di sepanjang jalur tersebut," jelas Kepala Bappeda Jabar, Deny Djuanda di Bandung, Selasa (17/7).
Menurut dia, jalur tol itu akan melewati Limbangan, Garut, kemudian Rajapolah, Tasikmalaya. Opsi yang juga disiapkan, tol tersebut terbuka diteruskan ke perbatasan dengan Jateng di sekitar Banjar.
Untuk mewujudkan proyek infrastruktur tersebut, pihaknya memperkirakan dana yang dibutuhkan mencapai Rp 6 triliun. Jumlah ini mencakup biaya pengembangan wilayah yang menjanjikan secara ekonomi.
Di luar itu, Pemprov saat ini masih fokus melakukan penyelesaian proyek jalan tol lainnya yakni Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang ditargetkan rampung 2015.
Selain diproyeksikan sebagai jalur akses ke Bandara Kertajati yang juga terus dikerjakan, tol Cisumdawu diharapkan mengurangi kepadatan volume kendaraan di jalur tengah yang dilayani melalui Cadas Pangeran, Sumedang.
Dijelaskan Deny, Bappenas sudah mengirim sinyal agar tol tersebut dipercepat terutama di Seksi II Tanjung Sari-Sumedang. "Dinamika Cirebon-Bandung luar biasa, volume kendaraan sudah padat. Bappenas mendorong Tol Cisumdawu terutama di segmen agar bisa menggantikan jalur melalui Cadas Pangeran," jelasnya.
( Setiady Dwi / CN34 / JBSM) Sumber

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.