Ads Top

Pembangunan Jalan Lingkar Gentong Dipercepat


Berharap Bisa Digunakan untuk Kelancaran Arus Mudik Lebaran Tahun Ini
KADIPATEN, (KP).-
Pengerjaan proyek pembangunan jalur jalan baru sepanjang 1,2 km dan jembatan viaduct di Tanjakan Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, terus dipercepat penyelesainnya. Meski target selesai akhir tahun ini, namun pengerjaan dipercepat agar sebelum datangnya Hari Raya Lebaran atau H-7 Lebaran bisa selesai. Hal ini guna kelancaran arus mudik dan memberi kenyamanan bagi para pengguna jalan atau pemudik Lebaran tahun ini.
Dari pantauan “KP” di lapangan, Selasa (10/7), pembangunan jalan lingkar Gentong dengan menelan biaya hingga Rp 25 miliar yang berasal dari APBN, dan mulai dikerjakan sejak Juni tahun lalu ini dilakukan guna mengatasi persoalan lalulintas khususnya di hari Lebaran. Saat ini, pekerjaan diperkirakan sudah mencapai 35 persen. Untuk mempercepat pengerjaan jalan, pengembang mengerahkan kendaraan dan alat lebih banyak untuk merapikan jalan. Pengerjaannya pun dilakukan siang dan malam.
Tidak jauh dari lokasi jalan, tampak sejumlah alat berat yang dikerahkan untuk mengerjakan pembangunan jembatan viaduct yang belum selesai, yakni arah Tasik-Bandung. Target pengerjaan ini harus sudah selesai sebelum arus mudik atau sebelum Lebaran.
Saat ini, pengerjaan jembatan tersebut dalam tahap pemasangan tulang-tulang atau kerangka jembatan.
“Pada saat Lebaran biasanya volume dan arus kendaraan yang lewat lebih padat dibanding hari biasa. Dengan selesainya jalur jalan lingkar dan jembatan yang melintasi rel kereta api ini mudah-mudahan bisa mengatasi kemacetan,” ujar warga setempat, Ruli (42).
Seperti diketahui, jalur arteri lintas selatan Tanjakan Gentong belakangan ini diketahui sebagai kawasan yang kerap kali mengalami kemacetan. Hal tersebut dirasakan setiap saat terutama di saat musim libur. Selain mengganggu kenyamanan warga setempat maupun pengguna jalan, kemacetan yang terjadi di tanjakan yang terkenal curam dan berliku itu juga rawan kecelakaan lalu lintas.
Dengan demikian, dengan dibangunnya jalan baru tersebut bisa menghindari kemacetan yang selama ini sering terjadi. Selain itu, dengan dibangunnya jalan baru itu diharapkan bisa menunjang perkembangan pembangunan dan indeks daya jual beli masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya khususnya di Kecamatan Kadipaten.
“Mudah-mudahan pembangunan bisa dilaksanakan secepatnya, agar di jalur Tanjakan Gentong tak lagi terkena macet seperti pada hari-hari tertentu, khususnya pada lebaran nanti,” ungkapnya. E-18***

Sumber

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.