Ads Top

"Junk Food" Dapat Membuat Bodoh

Semakin tinggi kadar lemak yang dimakan, aliran darah ke otak semakin terganggu.

Sebuah studi baru menunjukan satu lagi alsan mengapa makanan dengan kandungan lemak tinggi harus dihindari. Selain memicu obesitas, junk food juga bisa membuat seseorang menjadi bodoh. Kesimpulan itu didapat setelah penelitian yang dilakukan American University di Washington DC. Studi itu sendiri diujikan pada tikus. Semakin tinggi kadar lemak yang dimakan, aliran darah ke otak semakin terganggu.

Gangguan ini membuat jaringan yang bertugas untuk belajar dan mengingat menjadi terganggu. Hasil riset yang dipublikasikan di journal Physiology and Behavior, membuktikan bahwa tikus yang mengalami kegemukan karena mengonsumsi makanan berlemak tinggi kesulitan dalam mempelajari hal baru dan mengingat sesuatu dalam serangkaian tes kognitif yang dilakukan.

"Apa yang saya pikirkan adalah sebuah hubungan jahat antara obesitas dan penurunan fungsi otak," ujar peneliti, Terry Davidson.

Tidak hanya itu, junk food berlemak tinggi juga mengurangi kemampuan otak untuk menghapus ingatan tertentu atau menyeleksi hal apa saja yang akan disimpan dalam memori. Dampaknya akan berlanjut pada pengendalian diri.
Sumber

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.