Ads Top

Puncak Arus Mudik H-3


TASIK - Penumpang arus mudik tahun ini via Terminal Indihiang Kota Tasikmalaya diperkirakan menurun dua sampai lima persen dari tahun lalu sebanyak 209.467 orang.

“Prediksi saya penurunan itu karena banyaknya penumpang yang tidak turun di terminal. Bukan karena kendaraan yang tidak masuk ke terminal,” ujar Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tasikmalaya H Aay Zaini Dahlan.

Sebagian pemudik dari luar kota, kata dia, lebih banyak memilih turun di jalan sebelum terminal, karena alasan akses angkutan penyambung menuju rumah. ”Kalau dalam masa arus mudik, kita tidak mengalami kesulitan. Justru yang akan sibuk itu nanti waktu arus balik,” kata dia.

Terkait mudik bersama dari luar Kota Tasikmalaya, kata Aay, pihaknya belum mendengar sehingga sebagian besar masyarakat diprediksi akan kembali mudik menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor dan mobil rental atau travel.  Aay juga memprediksi puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada H-3 Lebaran.

Sementara itu di Kabupaten Tasikmalaya sebanyak delapan SPBU di wilayah Hukum Polres Tasikmalaya bisa dijadikan tempat istirahat bagi para pemudik.
Kapolres Tasikmalaya AKBP Irman Sugema SH SIK mengatakan khusus di wilayah Hukum Polres Tasikmalaya tidak ada rest area khusus bagi pengistirahatan para pemudik sehingga SPBU di jalur mudik dan jalur wisata itu bisa dipakai pemudik rehat.

Adapun delapan SPBU itu antara lain SPBU Salawu, SPBU Eor Mangunreja, SPBU Badakpaeh, SPBU Sukaraja, SPBU Karangnunggal, SPBU Cikatomas, SPBU Cikalong dan SPBU Cipatujah. ”Kami juga menyediakan pos pelayanan,” jelas dia.

Sedangkan untuk sarana prasarana pendukung Operasi Ketupat Lodaya 2012, Polres Tasikmalaya, kata dia, menyediakan 16 unit motor, 12 unit mobil ranger, 18 unit mobil strada, 4 unit mobil sedan, 3 unit truck, satu unit ambulans dan speed boat Pol Air 3.

Untuk alat komunikasi personel, pihaknya menyediakan tiga repeater, 61 handy talky, 24 radio base statition, dan 46 radio mobile. ”Diharapkan pelaksanaan operasi berjalan dengan lancar. Situasi Kambitbmas di wilayah hukum Polres Tasikmalaya kondusif,” ujar dia.

Selain itu, dengan adanya Operasi Ketupat Lodaya 2012 ini,  jelas Irman, angka kriminalitas, kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalu lintas menurun. Juga umat muslim dapat melaksanakan ibadah puasa dan Idul Fitri dengan khusu. ”Masyarakat dapat melaksanakan mudik dengan aman dan lancar,” papar dia. (pee/snd) Sumber

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.