Ads Top

Jabar Lebihi Kuota BBM Bersubsidi


Jabar diprediksi akan melebihi kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk tahun ini pada Desember mendatang. Berdasarkan data dari PT Pertamina (persero) Region III, hingga 24 November lalu, penggunaan premium di Jabar telah mencapai angka 4,16 juta kilo liter (kl) sedangkan solar mencapai 1,83 juta kl.

Sementara itu, kuota yang disediakan untuk Jabar pada tahun ini adalah 4,5 juta kl untuk premium dan 1,9 juta kl untuk solar.

Demikian disampaikan Humas PT Pertamina (persero) Region III, Susi Prastya kepada “PRLM” di Bandung pada Selasa (27/11). ”Kuota tersebut diperkiraka habis sekitar 22 – 25 Desember mendatang. Namun demikian, kami menjamin akan tetap menyalurkan BBM bersubsidi dan tidak mengambil dari kuota untuk tahun depan,” katanya.

Ketika ditanyakan mengenai kebijakan satu hari tanpa BBM bersubsidi pada 2 Desember mendatang merupakan upaya untuk mencegah terjadinya kelebihan kuota, ia mengatakan, hal tersebut merupakan dua hal yang berbeda.

“Pencegahan kelebihan kuota telah dilaksanakan melalui pembatasan kuota pada 19 – 24 November lalu. Sedangkan kebijakan pada 2 Desember mendatang merupakan imbauan terhadap masyarakat untuk lebih menghemat BBM bersubsidi,” katanya.

Mengenai bentuk antisipasi yang akan dipersiapkan menjelang 2 Desember mendatang, terutama pada 1 Desember, ia mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Himpunan Pengusaha Swasta Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) juga aparat kepolisian. ”Kami akan terus berkomunikasi dengan pihak tersebut agar pembelian dapat berjalan dengan tertib dan lancar,” kata Susi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.