Ads Top

CURUG TONJONG, wisata di Tasikmalaya yang belum terjamah


Mungkin warga Kota Tasikmalaya sendiri belum banyak yang tahu mengenai keindahan objek wisata Curug Tonjong di Kampung Cipeusing, Kelurahan Setiawargi Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya.

Objek wisata berupa air terjun ini, menghadirkan pemandangan bagus, dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Tasikmalaya. Selama ini, objek wisata yang terkenal di Tasikmalaya, hanya Situ Gede, wisata ziarah Pamijahan, Pantai Cipatujah dan Cipanas Galunggung.

Curug Tonjong, berada di ketinggian kurang lebih 300 meter di atas permukaan laut setinggi 50 meter yang mengalirkan air dari Sungai Cibangbay. Suasananya masih alami, udaranya segar dan bebas polusi. Rimbun pepohonan membuat udara sejuk ditambah suara gemercik air yang membuat tenang para pengunjung.

Kini, sarana penunjang wisata sudah dibangun. Fasilitas tersedia antara lain, jalan tangga sebanyak 118 anak tangga yang langsung menuju kawasan Curug Tonjong, gazebo sebanyak 3 buah dan 1 MCK. Beberapa bagian belum selesai pembangunan antar lain betonisasi lanjutan, kirmir serta gapura.

“Pembangunan Curug Tonjong dimulai November 2011. Saat ini pembangunannya sudah mencapai 70%,” terang Sis Mustaqim, senior fasilitator PNPM Kecamatan Tamansari beberapa waktu lalu.

Pembangunan objek wisata tersebut merupakan bantuan program Pemberdayaan Lingkungan Berbasis Komunitas (PLBK) atau Neighbourhood Development yang didapat Kelurahan Setiawargi senilai Rp1 miliar. Dana bantuan tersebut sebagian dialokasikan untuk pembangunan objek wisata.

“Dipilih curug tonjong untuk penerapan dana Rp1 miliar tersebut merupakan hasil rembug masyarakat untuk menjaring potensi wisata,” katanya. (ajz)
sumber

1 komentar:

  1. Kabar gembira Kami melayani penumpang Jakarta dan Bekasi ke Tasik dan Ciamis secara murah
    Kami menawarkan pada anda yang ingin ke Tasik & Ciamis secara langsung bagi Perorangan & rom bongan 4-5 orang utk pergi bersama kami pada hari tertentu berjadwal pulang pergi sebagai berikut :
    Jakarta –Tasik Tasik - Jakarta
    Sabtu jam 7.00 Pagi Senin jam 06.30 Pagi
    Rabu jam 07.00 Pagi Jum’at jam 06.30 Pagi
    Bagi anda yang ingin kembali ke Jakarta atau Bekasi bisa ikut Kami di Senin atau Jum’at Pagi memakai Avanza.
    Kami bersistem Shuttle Service ( Point to Point ).Berangkat dari Jakarta Pusat wilayah Jl. Kramat Sentiong
    Point di Tasikmalaya :Simpang Lima Tasikmalaya
    Point di Ciamis : Alun-Alun Ciamis
    Tarif Rp.60.000,- Jakarta dan Bekasi ke Tasik atau Ciamis
    Tarif Rp.60.000,- Tasik atau Ciamis ke Jakarta atau Bekasi
    Bagi peminat serius harap Pesan kursi dgn hubungi Kami paling lambat 2 hari sebelum hari Keberangkatan sebab kami tidak melayani pesanan mendadak.
    Bagi anda yg berminat serius silakan hubungi Ibu Dra.Hj.M.Nur Zahara,SH,MM, via SMS : 0811255798

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.