Senin, 10 Juni 2013

Mega proyek walikota Tasikmalaya

KEBIASAAN Wali Kota, H. Budi Budiman pernah diulas Kabar Priangan tempo hari. Kali ini, enam agenda besar yang dirangkum dari dokumen resmi dan pernyataan Budi dalam berbagai kesempatan.
Rencana Strategis Wali Kota, yang terdokumentasikan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2012-2017, di antaranya mencatat agenda besar pembangunan infrastruktur Kota Tasikmalaya.
Di antaranya, ada enam program pembangunan yang dianggap paling menonjol.

1. Jalan Mangkubumi Indihiang (Mangin)
Jalan yang terletak dibela­kang Terminal Type A Indi­hiang ini telah dirintis sejak pembangunan Terminal Induk di era Wali Kota, Bubun Bu­nyamin. Namun, setelah Bubun diganti mantan wakilnya, Syarif Hidayat pada Pil­kada 2007, pembangunan Jalan Mangin tidak dilanjutkan. Setelah Budi memimpin, jalan yang meng­hubungkan Indi­hiang dan Mang­kubumi itu akan diwujudkan tahun ini. Indikasinya, baru tiga hari dilantik, Budi langsung meninjau ke lokasi. Pertanda jalan itu menjadi salah satu program unggulan.

2. Bandara Tasikmalaya
Bandar Udara dianggap salah satu yang bisa menjadi bang­kitan Kota Tasikmalaya. Me­nyulap Pangkalan Uda­ra Wi­riadinata Cibeureum milik TNI AUi, dipandang akan menjadiikon kemajuan Kota Tasik­ma­laya. Rencana pembangunan Ban­dara ini pun telah dica­nangkan di era Wali Kota, Bu­bun Bunyamin, dan lagi-lagi di era Wali Kota Syarif Hidayat tidak dilanjutkan.

3. Terminal Peti Kemas
Terminal Peti Kemas angkutan berat ini pun menjadi agenda penting. Memanfaatkan la­han kosong di sekitar Jalan Ma­ngin, akan dikembangkan terminal peti kemas sebagai persinggahan pengiriman ba­rang berat dari Bandung ke Jawa Tengah.

4. Lahan Pengembangan Cikal Bakal Unsil Negeri
Penegerian Universitas Sili­wangi salah satu janji Budi jika terpilih menjadi Wali Kota. Dan Pemprov Jabar telah mengucurkan bantuan hibahnya sebesar Rp 30 Milyar untuk pembelian lahan ini. Pada era Wali Kota, Syarif Hidayat pun, lahan untuk Penegerian Unsil ini telah dicanangkan. Lantaran Syarif kalah dalam Pilkada, program ini dilanjutkan Budi.

5. Jalan Hotmik Sekota
Jalan lalecir dihotmik sedang digembar-gemborkan Wali Kota. Tidak tanggung-tanggung, mengusung tajuk “Ta­hun In­frastruktur” yang akan digelindingkan selama tiga tahun. Se­hingga, dalam waktu tiga tahun itu (2013-2016), jalandi Kota Tasikmalaya tidak ada yang renjul lagi.

6. Jalan Lingkar Utara
Jalan Lingkar Utara yang ter­sendat di era Wali Kota, Syarif Hidayat ini pun termasuk ayang akan digelorakan lagi. Ja­lan yang menghubungkan Jalan Se­waka dari Lanud Wiriadinata Cibeureum ke Jalan Karang­re­sik - Indihiang - Cihaur Beuti Ciamis ini menjadi agenda be­sar yang harus dituntaskan. Sa­at ini sedang digadang-gadang agar mendapat bantuan pusat. Lantaran Jalan Lingkar Utara ini sekaligus sebagai gerbang yang menyambut rencana Pro­vinsi Jabar membangun Jalan Tol Cileunyi-Banjar.

sumber: kabar priangan

0 komentar:

Poskan Komentar