Ads Top

WaliKota Tasikmalaya Pantau Jalan Hotmik


TAMANSARI, (KP).-
Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman memantau langsung pengerjaan hotmik yang dimulai di jalan Gegernoong Keca­matan Tamansari Kota Tasik­malaya, Jumat (7/6). Peman­tauan ini dilakukan untuk melihat kualitas hotmik yang dilakukan di beberapa titik termasuk Kecamatan Tamansari.
"Pemantauan ini sangat perlu dilakukan, karena tahun ini merupakan tahun infrastruktur hingga dua tahun kedepan. Mudah-mudahan dengan infrastruktur yang baik dapat meningkatkan kualitas kesejahteraan hidup masyarakat," kata Budi Budiman. 
Setelah dilakukan perbaikan mulai awal bulan lalu, jalan Gegernoong dilakukan peningkatan kualitas hingga perbatasan Kota-Kabupaten Tasikmalaya. Budi berharap kualitas jalan ini bertahan hingga beberapa tahun kedepan dan masyarakat ikut menjaga dengan merawatnya dengan baik. 
Menurut Kepala Dinas Bina Marga, Pengairan dan Pertambangan Kota Tasikmalaya Ivan Diksan daya tahan hotmik ini normalnya mencapai 5 tahun. Namun, untuk selama itu dengan beberapa persyaratan seperti tonase kendaraan yang tidak berlebih dan ditopang dengan drainase yang ideal. 
"Kuat lima tahun itu syaratnya juga harus ditopang dengan drainase yang bagus seperti tidak limpasan air ke jalan. Idealnya dengan kete­balan 5 cm yang ada di sini memang untuk kapasitas kendaraan 10-12 ton," kata Ivan. 
Ia mencontohkan, Jalan Letnan Harun saja kualitasnya bertahan hingga lima tahun dengan satu lapis hotmik. Hanya saja, setelah usia 2-3 tahun membutuhkan pemeliharaan seperti tambal sulam. "Pemeliharaan itu pasti selalu ada, terutama diusia 2-3 mendatang. Mudah-mudahan kualitas jalan seperti ini tetap terjaga juga di beberapa titik lainnya," tambahnya

sumber: kabar priangan

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.