Ads Top

TINGGINYA INTENSITAS HUJAN BERPOTENSI TERJADI BENCANA

SINGAPARNA, (KP).- 
Masyarakat Kabupaten Tasikmalaya harus benar-benar siaga dan siap menghadapi segala bencana, terutama ketika memasuki musim penghujan. Tidak mustahil, akibat hujan yang mengguyur dalam intensitas tinggi sangat berpotensi terjadinya bencana tanah longsor, banjir maupun pergeseran tanah. Oleh karena itu, berbagai pelatihan rutin yang dilaksanakan Pemkab Tasikmalaya dilaksanakan guna menyiapkan masyarakat agar memiliki kemampuan menangani bencana meski baru tahap awal. 

Dijelaskan Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, masyarakat Kabupaten Tasikmalaya sudah memiliki kemampuan untuk menangani bencana dalam tahap awal, meskipun dalam prakteknya masih ada yang perlu dibenahi. Dengan pelatihan dan sosialisasi yang disampaikan kepada masyarakat, diharapkan penanganan bencana dapat dilakukan segera mungkin dan tidak sampai memakan korban lebih banyak.

“Jelas pelatihan dan simulasi bencana yang rutin kita lakukan guna menyiapkan masyarakat sehingga cepat tanggap dalam menangani bencana, meski baru tahapan awal,” jelas Bupati, kemarin. 

Secara umum, Kabupaten Tasikmalaya yang masuk dalam daerah rawan bencana, sudah menyiapkan berbagai persiapan siaga bencana. Selain para relawan yang dibantu TNI dan Polri, juga menyiapkan masyarakat di tiap daerah agar tanggap bencana. Pihaknya pun bekerja sama dengan berbagai unsur termasuk komunitas dan perhimpunan pemuda agar memaksimalkan upaya tanggap darurat. 

Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, meskipun Bupati tidak menyebutkan secara pasti jumlah anggaran bencana, namun Pemkab sudah menyiapkan anggaran tersebut.
Sumber

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.