Ads Top

PEMPROV AKAN KAWAL PANGANDARAN


TASIK, (KP).-
Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak hanya mendukung atas kelahiran Kabupaten Pangandaran, tetapi juga akan mengawalnya agar daerah ini nantinya tak menjadi daerah otonom gagal.
"Titik krusialnya pada masa transisi, yaitu saat peralihan awal dari Ciamis ke Pangandaran. Kalau saat transisi selama tiga tahun bermasalah, maka akan berat ke depannya,” kata Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan atau Aher ketika diminta tanggapan oleh "KP" tentang Kab. Pangandaran yang segera terbentuk.
Makanya, kata Aher, Pemprov Jabar akan mengawalnya secara serius agar Pangandaran menjadi daerah yang maju. “Termasuk kami juga nantinya akan menyiapkan SDM yang bagus untuk pejabat bupati DOB Pangandaran," kata Aher.
Menurut gubernur, sebenarnya Jabar telah mengusulkan empat daerah pemekaran ke pusat. Pertama Kabupaten Bogor Barat, Sukabumi Utara, Garut Selatan dan Pangandaran.
"Sekarang baru Pangandaran yang disetujui. Harapan kami, tiga usulan lainnya juga mendapat persetujuan. Karena memang daerah-daerah itu layak untuk dimekarkan dari berbagai kajian empirik," katanya.
Terkait Pangandaran, gubernur merasa senang, karena daerah kabupaten/kota di Jabar bertambah. Harapan dia, ada dua hal bisa berjalan baik dengan DOB Pangandaran. Pertama, akselerasi pembangunan di daerah Ciamis Selatan bisa cepat dilakukan. 
“Ada pemerataan pembangunan, sehingga daerah-daerah yang masuk ke Pangandaran semakin cepat laju pertumbuhannya,” kata dia.
Kedua, aspek layanan. Dengan DOB terealisasi, pelayanan diberikan lebih baik, seperti mudah, murah dan cepat. Seperti pelayanan kesehatan dasar maupun pendidikan. “Kehadiran kabupaten yang baru ini harus bisa memberikan arti bagi masyarakat. Oleh karena itu, butuh komitmen semua pihak agar memberikan dukungan penuh bagi pengembangan ke depannya,” pesan dia.
Menurutnya, untuk menjadikan Pangandaran sebagai daerah otonom yang maju, saat ini tanggungjawabnya ada di Pemkab Ciamis dan Pemprov Jabar. "Jadi kami akan bantu daerah otonom baru ini. Selama ini, daerah yang dimekarkan di Jabar juga bisa berkembang dengan baik. Contohnya, Kota Depok, Kota Cimahi lalu Kota Banjar kan terlihat perkembangannya. Kabupaten Pangandaran saya yakin juga bisa maju," katanya.
Gubernur juga meminta agar semua komponen masyarakat di Pangandaran bersatu padu memajukan potensi yang ada. “Jangan sampai saat masa transisi ini gagal. Semua potensi harus dikembangkan dengan maksimal,” katanya.A-97*** sumber

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.