This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Senin, 10 Juni 2013

video: Tasikmalaya Tempo Doeloe



sumber: youtube

video: sejarah tasikmalaya



sumber: youtube

Minat pada Pendidikan Pesantren di Tasik Tinggi


Minat masyarakat Kabupaten Tasikmalaya mempercayakan pendidikan putra-putrinya ke lembaga pendidikan Islam atau pondok pesantren cukup tinggi.
Di Pondok Pesantren Darussalam Narunggul Tanjungpura Rajapolah misalnya, santri yang mendaftar pada seleksi kedua sudah melebihi batas ketersediaan tempat. Padahal, masih ada jadwal gelombang ketiga yang akan dilaksanakan pesantren tersebut. "Alhamdulillah kepercayaan masyarakat cukup tinggi untuk pendidikan anak-anak mereka," ungkap pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Ahmad Deni Rustandi kepadaINILAH, Senin (3/6).
Meski baru berdiri sejak 2007 lalu, pesantren yang menyediakan pendidikan SMP-SMA dengan penggabungan kurikulum Salafiyah, KMI Gontor, dan lembaga pendidikan formal terbilang mendapat kepercayaan masyarakat cukup tinggi.
Ahmad Deni menuturkan, sejak dibuka gelombang pertama dan kedua pendaftar sudah melebihi kapasitas, pihaknya setiap tahun hanya menerima 120 siswa SMP dan SMA. “Gelombang dua kemarin saja yang daftar ada 190 siswa, padahal untuk semua gelombang hanya mampu menampung siswa 120 saja," terangnya.
Dia menambahkan, dengan pendidikan disiplin yang tinggi itu, terbukti lembaga pendidikannya mampu menorehkan prestasi. Bahkan, ada banyak alumni yang melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri dengan jalur beasiswa, di negara-negara timur tengah dan Jepang.
"Kita terapkan disiplin, orang tua yang mempercayakan pendidikan anaknya di sini sudah percaya. Selama liburan bagi kelas 3 SMP dan SMA, mereka tidak boleh pulang, jadwal mengaji mereka dipadatkan, ditambah juga berbagaitraining motivasi, leadershipentrepreneur dan lain sebagainya, semogabarokah," jelasnya.

sumber: inilahkoran

Mega proyek walikota Tasikmalaya

KEBIASAAN Wali Kota, H. Budi Budiman pernah diulas Kabar Priangan tempo hari. Kali ini, enam agenda besar yang dirangkum dari dokumen resmi dan pernyataan Budi dalam berbagai kesempatan.
Rencana Strategis Wali Kota, yang terdokumentasikan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2012-2017, di antaranya mencatat agenda besar pembangunan infrastruktur Kota Tasikmalaya.
Di antaranya, ada enam program pembangunan yang dianggap paling menonjol.

1. Jalan Mangkubumi Indihiang (Mangin)
Jalan yang terletak dibela­kang Terminal Type A Indi­hiang ini telah dirintis sejak pembangunan Terminal Induk di era Wali Kota, Bubun Bu­nyamin. Namun, setelah Bubun diganti mantan wakilnya, Syarif Hidayat pada Pil­kada 2007, pembangunan Jalan Mangin tidak dilanjutkan. Setelah Budi memimpin, jalan yang meng­hubungkan Indi­hiang dan Mang­kubumi itu akan diwujudkan tahun ini. Indikasinya, baru tiga hari dilantik, Budi langsung meninjau ke lokasi. Pertanda jalan itu menjadi salah satu program unggulan.

2. Bandara Tasikmalaya
Bandar Udara dianggap salah satu yang bisa menjadi bang­kitan Kota Tasikmalaya. Me­nyulap Pangkalan Uda­ra Wi­riadinata Cibeureum milik TNI AUi, dipandang akan menjadiikon kemajuan Kota Tasik­ma­laya. Rencana pembangunan Ban­dara ini pun telah dica­nangkan di era Wali Kota, Bu­bun Bunyamin, dan lagi-lagi di era Wali Kota Syarif Hidayat tidak dilanjutkan.

3. Terminal Peti Kemas
Terminal Peti Kemas angkutan berat ini pun menjadi agenda penting. Memanfaatkan la­han kosong di sekitar Jalan Ma­ngin, akan dikembangkan terminal peti kemas sebagai persinggahan pengiriman ba­rang berat dari Bandung ke Jawa Tengah.

4. Lahan Pengembangan Cikal Bakal Unsil Negeri
Penegerian Universitas Sili­wangi salah satu janji Budi jika terpilih menjadi Wali Kota. Dan Pemprov Jabar telah mengucurkan bantuan hibahnya sebesar Rp 30 Milyar untuk pembelian lahan ini. Pada era Wali Kota, Syarif Hidayat pun, lahan untuk Penegerian Unsil ini telah dicanangkan. Lantaran Syarif kalah dalam Pilkada, program ini dilanjutkan Budi.

5. Jalan Hotmik Sekota
Jalan lalecir dihotmik sedang digembar-gemborkan Wali Kota. Tidak tanggung-tanggung, mengusung tajuk “Ta­hun In­frastruktur” yang akan digelindingkan selama tiga tahun. Se­hingga, dalam waktu tiga tahun itu (2013-2016), jalandi Kota Tasikmalaya tidak ada yang renjul lagi.

6. Jalan Lingkar Utara
Jalan Lingkar Utara yang ter­sendat di era Wali Kota, Syarif Hidayat ini pun termasuk ayang akan digelorakan lagi. Ja­lan yang menghubungkan Jalan Se­waka dari Lanud Wiriadinata Cibeureum ke Jalan Karang­re­sik - Indihiang - Cihaur Beuti Ciamis ini menjadi agenda be­sar yang harus dituntaskan. Sa­at ini sedang digadang-gadang agar mendapat bantuan pusat. Lantaran Jalan Lingkar Utara ini sekaligus sebagai gerbang yang menyambut rencana Pro­vinsi Jabar membangun Jalan Tol Cileunyi-Banjar.

sumber: kabar priangan

Kaum Pemuda Menjadi Pilar Kerukunan Beragama


CISAYONG, (KP).-
Gerakan Pemuda Syuhada Fil Sabilillah (Syufi's) menggelar Rapat Koordinasi Nasional ke-3. Dalam Rakornas ke-3 bertema "Pemuda Menjaga Kerukunan Umat Beragama" itu dihadiri sekitar 50 Pimpinan Cabang dan Wilayah se-Indonesia berlangsung di Pondok Pesantren Al-Idrisiyyah, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (8/6).
Ketua Umum Gerakan Pemuda Syufi's, Iing Setiadi mengatakan, kondisi kehidupan yang kompleks dan sarat dengan aneka probelematik kehidupan sangat rentan terhadap terjadinya konflik. Apalagi, gangguan yang berdampak terhadap kerukunan umat beragama terkait fanatisme yang berlebihan mampu merusak tatanan sosial bangsa dan negara.
"Melalui Rakornas ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada para tokoh pemuda tentang arti pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama," ujarnya. 
Menurutnya, selain ikut terlibat dalam kegiatan sosial, pendidikan dan ekonomi, pemuda juga menjadi pilar untuk meningkatkan pemahaman terhadap pentingnya menjaga kerukunan umat beragama.

sumber : kabar priangan

Angka Kelahiran Kota Tasik Masih Tinggi


Angka kelahiran di Kota Tasikmalaya dinilai masih tinggi berdasarkan sensus penduduk 2010 laju pertumbuhan penduduk mencapai 1,86% dan angka rata rata jumlah kelahiran dari seorang wanita selama masa subur mencapai 2,44%.
Tingginya angka kelahiran tersebut, karena usia perkawinan dini masih tinggi rata-rata di usia 20 tahun untuk remaja putri.
“Ke depan kita mesti melakukan pendewasaan usia perkawinan perempuan yang kini masih di usia 20 tahun,” kata kepala Kantor KB dan Pengendalian Pendudukan Kota Tasikmalaya Nunung Kartini dalam seminar KB dan kependudukan, Senin (10/6/2013).
Nunung menjelaskan perlu informasi kepada semua pihak termasuk tokoh agama, tokoh formal masyarakat tentang pentingnya program KB yang berwawasan kependudukan sehingga terjadi akselerasi pemahaman program KB dari berbagai lapisan masyarakat.
“Tingginya pertumbuhan penduduk membawa masalah. Misalnya, dengn kalkulasi angka kelahiran bayi di Kota Tasikmalaya saat ini, 1 hari saja akan menghasilkan 11 ton sampah atau 4.045 ton sampah setiap tahun,” katanya.
Di tempat yang sama, Guru Besar dari Universitas Indonesia Prijono Tjipiptoherijanto mengatakan perlu political will dari pemerintah dalam mengurangi angka penduduk miskin karena terkait alokasi anggaran.
“Kita harus berusaha mengurangi jumlah penduduk sehingga jumlah warga miskinpun otomatis berkurang. Dengan banyak mulut yang memakan kue, yang kebagian kue akan sedikit. Berbeda dengan bila mulut sedikit, yang makan kue juga akan sedikit,” katanya.

sumber: bisnisjabar

Unsil jadi negeri, Pemkot Tasik Klaim Masih Terkendala Lahan


Proses penegerian Universitas Siliwangi Tasikmalaya masih mengalami kendala dalam pengadaan tanah.
Setelah penetapan lokasi (Penlok) dialihkan ke lokasi berbeda, di lokasi baru masih ada warga yang enggan membebaskan tanahnya. Atau mau membebaskan tanah tetapi ingin diganti tanah langsung oleh pemerintah dengan ukuran yang sama di tempat lain.
Hanya saja pemerintah tidak bisa mengabulkan permintaan ganti berupa tanah, karena tidak sesuai aturan. Semua tanah harus dibeli langsung dengan uang sesuai harga kesepakatan.
“Pemilik tanah itu cuma satu orang. Luas tanah 300 bata. Mudah-mudahan ini cepat selesai,” ungkap Sekda Kota Tasikmalaya Idi S Hidayat, Senin (10/6/2013).
Idi menjelaskan secara umum masyarakat sudah sepekat untuk menjual tanahnya. Apalagi penlok saat ini merupakan pindahan dari lokasi sebelumnya yang sempat ditolak oleh warga pemilik tanah karena menyasar pemukiman warga.
Sedangkan lokasinya masih di Kelurahan Mugarsari Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya tanah yang dibutuhkan seluas 30 Ha.
“Tetapi kalau terus tidak menemukan titik temu, kita rubah penlok ketiga. Cuma kalau penlok berubah lagi, harus sosialisasi kembali kepada masyarakat. Saya yakin ini sudah tidak ada masalah,” katanya.

sumber: bisnisjabar

Demo Mahasiswa di Tasikmalaya Berakhir Ricuh


Sekelompok mahasiswa yang berunjuk rasa terkait dugaan korupsi Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, Senin (19/6/2013), berakhir ricuh.
Mereka memaksa masuk ke ruangan kantor dinas untuk bertemu kepala dinas, namun dihalangi dan terlibat bentrok dengan petugas kepolisian yang tengah berjaga.
Pantauan Kompas.com, awalnya pengunjukrasa hanya berorasi di depan kantor dinas. Mereka meminta kepala dinas untuk menemui para pendemo. Namun, Kepala Dinas enggan keluar kantor, dan mereka pun membakar ban bekas di depan kantor tersebut.
Pendemo meminta kepala dinas untuk menjelaskan dugaan korupsi dana olimpiade olahraga siswa nasional (O2SN) di Kabupaten Tasikmalaya.
Sebelum mereka bertemu kepala dinas, mereka malah terlibat baku hantam dengan petugas kepolisian, yang melarang mereka untuk membakar ban di depan kantor dinas.
Koordinator Aksi, Fahmi Muzaki mengatakan, pihaknya hanya meminta pengusutan tuntas kepada kepolisian terkait adanya dugaan pungutan liar kepada siswa SD, SMP, dan SMU se-Kabupaten Tasikmalaya, untuk pelaksanaan kegiatan O2SN.
"Kami hanya beraksi untuk melakukan pengusutan tuntas terkait pemungutan liar oleh dinas pendidikan kepada seluruh pelajar SD, SMP dan SMU se-Kabupaten Tasikmalaya. Ini dugaan kasus korupsi yang terorganisir," kata dia.
Kini, aksi demo berhasil diamankan oleh kedua belah pihak. Namun, aksi unjukrasa masih berlangsung dengan melanjutkan orasi. 
sumber: kompas

profesi yang bisa kita coba untuk menambah pemasukan


Ingin punya double job untuk menambah pemasukan? Atau ingin bekerja dari rumah sebagai freelancer? Kenapa tidak. Berikut ini beberapa profesi yang bisa kita coba. Simak ya!
Fotografer atau videografer Mengembangkan talenta dalam mengabadikan momen penting juga bisa jadi profesi yang menjanjikan. Bermodal skill fotografi, kamera, dan kemampuan mengedit foto, ada banyak peluang yang bisa diambil, baik menjadi freelancer di majalah, fotografer perkawinan, fotografer event, maupun videografer.
Penulis Menulis bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Bila Anda punya kompetensi untuk menulis, coba deh “sumbang” tulisan untuk majalah. Honor untuk satu artikel berkisar Rp 250.000-Rp 400.000 tergantung seberapa banyak dan sulitnya tulisan. Apalagi bila kita menulis untuk rubrik travelling ke luar negeri. Dilengkapi dengan dokumentasi foto? Bisa dihargai sekitar Rp 500.000-Rp 1.000.000.
Stylist atau makeup artist Jago dandan? Kita bisa mengikuti kursus singkat dan mengambil sertifikasi menjadi makeup artist. Pekerjaannya mulai dari rias pengantin hingga model. Honor untuk sekali makeup berkisar antara Rp 300.000-Rp 500.000, tergantung skill yang dimiliki.
Pengusaha Bila kita punya talenta untuk menciptakan sesuatu, seperti membuat pernak-pernik, perhiasan, atau cookies, kita bisa lho membuka bisnis sendiri. Sangat mungkin menjadikan pekerjaan ini sebagai profesi kedua. Dan teman kantor bisa menjadi target pembeli utama.
Desain grafis Termasuk web designer. Peluang kerjanya cukup luas, tak hanya terbatas pada layout majalah atau brosur, tetapi juga pembuatan logo dan mempercantik tampilan situs web, yang bisa dilakukan di rumah. Untuk melebarkan sayap, kita bisa lho ikut kontes desain dan menjaring networking agar karya kita makin dikenal.
Admin web atau media sosial Siapa bilang nge-tweet enggak bisa jadi profesi menjanjikan? Banyak brand yang membutuhkan admin untuk mengelola situs web ataupun media sosial seperti Twitter dan Facebook. Untuk admin Twitter, biasanya honor dihitung dari banyaknya tweet yang kita posting.
sumber: infobogor

Nine Inch Nails Perkenalkan Lagu Baru dari Hesitation Marks


Trent Reznor akhirnya mengumumkan detail album terbaru Nine Inch Nails. Album ke-8 berjudul Hesitation Marks akan dirilis pada 3 September mendatang via Columbia Records.
Jelang peluncuran, Nine Inch Nails memperkenalkan single pertama yang diberi tajuk “Came Back Haunted”. Lagu ini pertama kali mengudara di stasiun radio Seattle, 107,7 The End, Rabu (5/6) malam waktu setempat.
Nine Inch Nails juga mengumumkan jadwal tur hingga November mendatang. Mulai Agustus nanti, Reznor dkk. akan berkeliling Amerika Utara, didampingi oleh Godspeed You! Black Emperor dan Explosions in the Sky.
Formasi tur mendatang berisikan Reznor, Josh Eustis (Telefon Tel Aviv), Robin Finck, Alessandro Cortini, dan Ilan Rubin. Adrian Belew (King Crimson) berkontribusi dalam album, namun tidak ikut dalam tur.
sumber: gigsplay

BlackBerry Bantah BBM di Android dan iOS "Naik" 27 Juni

Kabar terbaru tentang kapan layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) tersedia di perangkat Android dan iOS datang dari operator T-Mobile Inggris. Dalam "kicauan" di akun resminya, mereka mengungkapkan bahwa BBM bakal tersedia untuk diunduh pada 27 Juni 2013 mendatang.

Meskipun begitu, keakuratan dari informasi tersebut masih sedikit dipertanyakan. Alasannya, beberapa saat setelah tweet tersebut di-posting, pihak T-Mobile langsung menghapusnya. 

Ditambah lagi, salah seorang perwakilan BlackBerry mengungkapkan kepada Cnet bahwa tanggal tersebut tidaklah akurat. Hingga saat ini, BlackBerry memang belum mengumumkan tanggal pasti dari kehadiran BBM untuk iOS dan Android.

"Ada laporan yang menyatakan bahwa BBM akan tersedia untuk iOS dan Android pada 27 Juni 2013, itu tidak akurat. Kami akan segera mengomunikasikan update berita secepatnya saat kami sudah mengetahui tanggal ketersediaan," tulis BlackBerry, menanggapi tweet dari T-Mobile.

Pernyataan dari BlackBerry ini tampaknya memang benar. Pasalnya, CEO BlackBerry Thorsten Hein pernah mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut baru akan dirilis pada Juli 2013.

BlackBerry sendiri sudah menyiapkan situs web khusus yang memberi informasi soal kedatangan aplikasi BBM di Android dan iOS. 

Melalui situs tersebut, dengan memasukkan alamat e-mail, pengguna bisa mendapat informasi kedatangan aplikasi BBM.

Nantinya, aplikasi BBM bisa berjalan di iOS versi 6 ke atas dan Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich) ke atas. Walaupun pada awalnya fitur BBM iOS dan Android tidak akan selengkap versi BlackBerry, pengguna masih bisa memanfaatkannya untuk mengirim pesan teks, foto, voice note, dan membuat grup diskusi berisi 30 kontak.

Saat ini, BBM telah digunakan oleh 60 juta pengguna aktif bulanan. Lebih dari 51 juta orang menggunakan BBM rata-rata 90 menit per hari. Secara keseluruhan, setiap harinya ada 10 miliar pesan yang dikirim dan diterima pelanggan BBM. BlackBerry mengklaim jumlah ini dua kali lebih banyak dari pesan yang dikirim dan diterima aplikasi instan lainnya.

sumber: kompastekno

4 Pilar Persib Absen, Janur: Show Must Go On


4 Pilar Persib Absen, Janur: Show Must Go On
Menjalani laganya yang ke-23 besok, Persib terancam tidak dapat diperkuat 4 pemain pilarnya dengan sebab yang berbeda. Penyerang Hiton Moreira dan gelandang Firman Utina harus menjalani hukuman larangan bermain sementara dua pemain lagi yaitu Mbida Messi dan Naser Al-Sebai lagi pulang ke negaranya untuk mengurus surat ijin tinggal di Indonesia.
“Absen empat pemain? Saya pikir show must go on. Tidak masalah, masih ada pemain lain,” kata pelatih kepala Persib, Jajang Nurjaman dengan tenang.
Ia lalu membantah jika disebutkan keempat pemain yang absen ini merupakan pemain “Inti” Persib musim ini sehingga kekuatan timnya tidak banyak berkurang dengan absennya empat pemain tersebut.
Baik Firman, Messi dan Naser disebut Janur merupakan pemain yang masuk skema rotasi. Sementara Kenji yang kemungkinan akan menggantikan peran Hilton sebagai tandem SvD di depan, juga merupakan pilihan pertama pelatih di awal musim.
“Dikatakan inti juga tidak, Messi tidak selamanya main, Naser juga. saya pikir ini tidak terlalu masalah. Didepan masih ada Kenji yang diawal-awal selalu jadi pilihan, jd saya tidak terlalu risau,” ujarnya sambil mengingatkan bahwa saat ini manajemen Persib sedang melakukan banding atas hukuman Firman.
Untuk itu Janur memastikan tidak akan ada perubahan pada pola permainan yang dikembangkan tim Maung Bandung dalam pertandingan derby Bandung besok. Persib akan bermain normal seperti pertandingan-pertandingan sebelumnya.
Dari kubu lawan, Janur mewaspadai motivasi dari para pemain Pelita Bandung Raya.”Permainan PBR lagi meningkat, jadi yang kita antisipasi kebangkitan (mental) mereka,” tutupnya.
sumber: simamaung

Minggu, 09 Juni 2013

Ratusan Hektare Kebun Teh di bojonggambir Diserang Hama Blister

BOJONGGAMBIR, (KP).- Dampak buruk musim penghujan mulai mendera perkebunan teh di Kecamatan Bojonggambir dan Taraju.
Akibat terus-terusan diguyur hujan, produktivitas pucuk teh berkualitas di beberapa perkebunan anjlok hampir 50 persen. 
Hal ini dikarenakan munculnya hama blister dan jamur yang menyerang pucuk daun teh seiring musim penghujan. Akibatnya sebagian besar pucuk daun teh dan tunas batang menjadi gosong dan mati.
Merosotnya produktivitas perkebunan teh begitu terasa oleh perkebunan teh rakyat satu bulan ini. Jika pada kondisi normal dalam satu hektar mam­pu menghasilkan 1 - 2 ton pucuk daun teh berkualitas, tetapi saat musim penghujan seperti sekarang ini paling tidak hanya mampu menghasilkan 5 kuintal saja. Itupun masih dikategorikan beruntung, karena biasanya hasil panen bisa lebih anjlok. 
Menurut salah satu pemilik perkebunan teh rakyat sekaligus pabrik pengolahan di Desa Girimukti, Kecamatan Bojong-gambir, Utis (35), kondisi seperti saat ini memang sangat merugikan para pemilik lahan perkebunan teh. Pasalnya keuntungan yang diperoleh jauh lebih kecil dari situasi panen normal. Hal ini pun terus berimbas dirasakan oleh pe­metik yang mengumpulkan pucuk teh jauh lebih seikit dari biasanya. Untungnya harga daun teh tetap normal yakni dikisaran Rp 2.100 per kilogram. 
"Dalam kondisi normal, pabrik ini mampu mengolah 7 sampai 8 ton daun teh per hari yang dikumpulkan dari beberapa perkebunan rakyat. Akan tetapi telah 3 bulan kebelakang produksinya terus merosot hanya mampu mengolah 4 ton per hari saja. Lebih parahnya sejak satu bulan ini," jelas Utis kepada KP, Kemarin. 
Bagi perkebunan besar setingkat PT Sembawa, dampak dari musim penghujan pada perkebunan teh mereka mungkin tidaklah terlalu terasa. Pasalnya disana kemunculan penyakit blister dan jamur mampu tertanggulangi dengan menyemprotkan obat ataupun pestisida. 
Namun bagi perkebunan teh masyarakat sangatlah memberatkan. Munculnya penyakit dan jamur dikala musim penghujan tidak mampu tertanggulangi dengan baik. Mahalnya biaya obat dan pes­tisida menjadikan para pemilik perkebunan lebih membiarkan lahan mereka mati digerogoti hama. 
Untuk biaya perawatan dan buruh pemetik saja mereka harus mengeluarkan kocek cukup besar setiap harinya. Maka bila ditambah biaya pemberantasan hama, tentu biaya yang dikeluarkan bisa lebih membengkak. 
Penyakit blister sendiri awalnya merupakan bintik-bintik kecil pada pucuk daun teh. Namun makin lama bintik tersebut menyebar dan membuat gosong daun. Hal ini pun membuat tunas batang menjadi mati. Padalah untuk tumbuh satu tunas saja memerlukan waktu setidaknya 3 bulan.

sumber : kabar priangan

Jelang Kompetisi Divisi I Nasional PSSI 2013, “Laskar Galunggung” tak Gentar


Jelang Kompetisi Divisi I Nasional PSSI 2013

Dengan skuad tanpa pemain bintang dan bermodalkan 
permainan kolektif, Persitas Kabupaten Tasikmalaya tetap optimistis. Mereka tak gentar dengan nama-nama besar pemain lawan.

“LASKAR Galunggung” siap menghadapi Kompetisi Sepak Bola Divisi I Nasional PSSI 2013 yang akan digelar di Stadion Galuh, Kabupaten Ciamis, mulai 16 Juni mendatang. Persitas tergabung dalam Grup 5 bersama Maung Bandung, Persik Kuningan, Persikasi Bekasi, PSB Bogor, dan tuan rumah PSGC Ciamis. 
Dihadapkan dengan klub-klub tersebut, Persitas dinilai sebagai tim underdog. Namun hal ini tak menciutkan nyali kubu anak-anak Tasikmalaya. “Di tim ini tak ada pemain bintang. Justru di mata saya, semua pemain harus mengutamakan permainan kolektif. Semuanya dianggap jadi bintang yang harus memiliki spirit tinggi demi kemenangan tim,” ujar Pelatih Persitas, Bagus Pramono, kepada “KP”, Jumat (7/6).
Persitas bermaterikan pemain-pemain hasil seleksi Porkab Tasikmalaya dan Porda Jawa Barat XII. Pemain senior nya seperti Mumu, Arman, Agis, Yogi, Eddy Sofyan, dan Sadam. Ada pula “legiun asing” asal Kabupaten Cilacap, Tulung-agung, Lamongan, dan Makassar. Mere-ka adalah Hamzah, Aryanto, Bakhtiar, Gufron, Putra, Sigit, Chaerul Anwar, dan Irfan. “Pemain-pemain ini diharapkan mau berjibaku demi mencuri dua tiket terbaik untuk lolos ke babak selanjutnya,” kata Bagus.
Perkembangan positif
Dari empat kali hasil uji coba, Persitas mampu menuai dua kali kemenangan atas tim lokal Tasela skor 2-0, dan Kabupaten Majalengka (2-0). Selain itu dua kali imbang dengan Persikas Subang (0-0) dan Persibas Banyumas (1-1). “Dari sebulan persiapan latihan, perkembangannya positif,” tandas Pramono.
Lebih jauh Pramono menegaskan, de-ngan kondisi demikian pihaknya diha-rapkan tampil tanpa beban serta sama sekali tak akan gentar meski harus menghadapi nama-nama besar. Misalnya PSGC Ciamis yang diperkuat mantan pemain Persib Bandung, Yaris Riyadi dan Budiman Yunus, serta sejumlah nama top lainnya. “Para pemain kami tak akan menjadi gentar oleh nama-nama besar,” ujar Pramono.
Menurut Pramono, dalam sepak bola sepanjang mampu bermain fight selama 90 menit, nama besar pemain tak bakal berpengaruh apa-apa. “Yang pen-ting adalah semangat bertanding selama pertandingan berlangsung,” ujarnya.

sumber : kabar priangan

WaliKota Tasikmalaya Pantau Jalan Hotmik


TAMANSARI, (KP).-
Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman memantau langsung pengerjaan hotmik yang dimulai di jalan Gegernoong Keca­matan Tamansari Kota Tasik­malaya, Jumat (7/6). Peman­tauan ini dilakukan untuk melihat kualitas hotmik yang dilakukan di beberapa titik termasuk Kecamatan Tamansari.
"Pemantauan ini sangat perlu dilakukan, karena tahun ini merupakan tahun infrastruktur hingga dua tahun kedepan. Mudah-mudahan dengan infrastruktur yang baik dapat meningkatkan kualitas kesejahteraan hidup masyarakat," kata Budi Budiman. 
Setelah dilakukan perbaikan mulai awal bulan lalu, jalan Gegernoong dilakukan peningkatan kualitas hingga perbatasan Kota-Kabupaten Tasikmalaya. Budi berharap kualitas jalan ini bertahan hingga beberapa tahun kedepan dan masyarakat ikut menjaga dengan merawatnya dengan baik. 
Menurut Kepala Dinas Bina Marga, Pengairan dan Pertambangan Kota Tasikmalaya Ivan Diksan daya tahan hotmik ini normalnya mencapai 5 tahun. Namun, untuk selama itu dengan beberapa persyaratan seperti tonase kendaraan yang tidak berlebih dan ditopang dengan drainase yang ideal. 
"Kuat lima tahun itu syaratnya juga harus ditopang dengan drainase yang bagus seperti tidak limpasan air ke jalan. Idealnya dengan kete­balan 5 cm yang ada di sini memang untuk kapasitas kendaraan 10-12 ton," kata Ivan. 
Ia mencontohkan, Jalan Letnan Harun saja kualitasnya bertahan hingga lima tahun dengan satu lapis hotmik. Hanya saja, setelah usia 2-3 tahun membutuhkan pemeliharaan seperti tambal sulam. "Pemeliharaan itu pasti selalu ada, terutama diusia 2-3 mendatang. Mudah-mudahan kualitas jalan seperti ini tetap terjaga juga di beberapa titik lainnya," tambahnya

sumber: kabar priangan

Basmi Praktik Perjudian, Polda Jabar Tangkap 112 Orang

Polisi menangkap 112 orang yang terlibat beragam praktik judi di wilayah hukum Polda Jabar. Tercatat 68 kasus perjudian terungkap selama kurun waktu satu pekan.

Kabidhumas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan jajaran kepolisian di Jabar berkomitmen membasmi segala bentuk praktik judi. Kasus beragam judi ini terungkap dari 16 polres serta polresta se-Jabar pada periode 23 Mei hingga 2 Juni 2013.

"Praktik judi itu berbagai jenis. Antara lain judi togel, sabung ayam hingga judi online," jelas Martin melalui rilis, Sabtu (8/6/2013).

Menurut Martin, pemberantasan judi merupakan instruksi dari Kapolda Jabar Irjen Pol Tubagus Anis Angkawjaya. Pihak kepolisian tidak pandang bulu menindak pihak-pihak yang terlibat judi. Polisi tak berhenti untuk terus gencar memusnahkan perjudian yang keberadaannya meresahkan masyarakat.

Hasil pengungkapan tersebut, polisi menyita barang bukti antara lain berupa uang sebanyak Rp 19,2 juta, 43 unit telepon genggam, tiga unit laptop, 64 buah buku rekap togel, 98 kartu remi, 29 buah kartu domino, dan kertas ramalan.

Para tersangka yang tertangkap dijerat Pasal 303 KUH Pidana perihal perjudian. "Ancaman hukumannya maksimal lima tahun penjara," jelas Martin.

sumber: detikbandung

Polisi Buru Pemerkosa Janda 60 Tahun di Tasikmalaya

Tasikmalaya - Seorang nenek tua di Tasikmalaya berinisial MH (60) mengalami tindakan kekerasan seksual. Polisi masih memburu pelaku pemerkosaan terhadap MH. 

"Kami masih memburu pelaku pemerkosaan, karena ini telah masuk tindak pidana kekerasan yang telah direncanakan pelaku," ujar Kapolsek Cihideung AKP Tri Sumarsono kepada detikcom, Minggu (9/6/2013). 

Korban merupakan warga Cempaka warna RT 04/ RW 03, Kelurahan Cilembang, Kecamatan Cihideung Kota Tasikmaya. Tri mengatakan anggotanya bersama anggota Polres Tasikmalaya kota telah memburu pelaku yang diketahui bernama Andi alias Copet (37) warga Kampung Leuwimalang, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya.

Menurut warga setempat, Dedi, sebelum melakukan aksinya, pelaku ini meminta dibuatkan mie instant dan kopi hitam.

"Setelah dilayani, diduga korban kecapean, dan menutupkan pintu warung. Menjelang pukul 01.00 WIB dini hari, pelaku melancarkan niat buruknya dengan cara membuka pintu rumah dan memperkosa nenek tua hingga dalam kondisi pingsan," ungkapnya.

sumber: detikcom

Tanda-tanda Pria yang Masih Cinta Mantan Kekasihnya


Setelah putus, kemungkinan salah satu pihak masih mencintai mantan kekasihnya selalu ada. Hanya saja, tidak semua orang berani mengungkapkan perasaannya secara langsung. Jika Anda mendapati lima tanda ini pada mantan kekasih, maka besar kemungkinan dia masih berharap bisa kembali menjalin hubungan asmara, seperti yang dikutip dari Become Gorgeous.

1. Sering Mengomentari atau Memberi ‘Like’ Pada Status Facebook
Seringkali pria malu menyatakan perasaannya. Dibandingkan bahasa verbal, mereka lebih suka menunjukkan tanda-tanda. Situs jejaring sosial pun kini bisa dijadikan media untuk mengekspresikan rasa suka. Jika sang mantan sering memberi ‘like’ dan mengomentari status atau foto Anda di Facebook atau me-retweet Twitter Anda, merupakan pertanda bahwa dia masih memerhatikan dan berusaha menunjukkan perhatiannya itu pada Anda.

2. Suka Mengobrol dengan Teman dan Keluarga Anda
Anda mendengar kalau teman atau keluarga masih sering bertemu dan mengobrol dengan mantan kekasih, meskipun dia sudah jarang bertemu langsung dengan Anda. Itu bisa jadi sebuah sinyal bahwa dia tetap ingin berada dalam lingkaran kehidupan Anda. Dia tidak mau ‘menghilang’ begitu saja setelah putus, dengan harapan Anda dan mantan bisa terus dekat secara emosional maupun fisik.

3. Pandangan Cemburu
Hal ini bisa terlihat jika Anda masih berteman dengan mantan. Dia merasa kesal ketika Anda dekat dengan pria lain. Ia juga tak segan melemparkan tatapan cemburu saat Anda terlihat lebih senang bersama pria lain daripada dengannya. Jika sikap itu yang terlihat, bisa jadi tanda kalau dia belum sepenuhnya menerima kalau hubungan telah berakhir. Ketika pria merasa terintimidasi dengan kehadiran pria baru di kehidupan mantan kekasihnya, kemungkinan besar dia ingin cinta lamanya kembali.

4. Menggoda Anda dengan Candaan
Seringkali dua orang yang telah putus hubungan tetap berteman dan masih berada di lingkup pertemanan yang sama. Bila setiap bertemu dengan teman-teman dia selalu ambil kesempatan untuk menggoda Anda lewat candaan, merupakan sinyal kuat bahwa mantan masih menaruh hati pada Anda. Pria umumnya tidak bisa berhenti menggoda wanita yang dia sayangi dan menyembunyikan perasaannya di balik sikap bercanda.

5. Mencoba Terlihat Sangat Bahagia di Depan Anda
Pria kerap menggunakan strategi ini untuk menutupi emosi dia yang sebenarnya. Dia mencoba meyakinkan Anda bahwa semuanya baik-baik saja, sudah move-on dan bisa tetap berteman. Namun di lubuk hatinya, dia berharap kedekatan sebagai teman bisa berlanjut dengan terjalinnya lagi ikatan cinta.
sumber: wolipop

Riset: Bangun Pagi Lebih Cepat Sukses


Setiap orang pasti punya jam produktif masing-masing. Ada orang yang baru “hidup” usai makan siang, ada pula yang baru melek pada malam hari. Namun, mereka yang terbiasa bangun pagi biasanya lebih sukses. Itulah hasil riset Laura Vanderkam yang dituangkan dalam buku elektroniknya, What the Most Successful People Do Before Breakfast.
Dari pengamatannya terhadap para eksekutif, orang-orang yang sangat sukses selalu memanfaatkan waktu paginya dengan cerdas. Jika mantan CEO Pepsi, Steve Reinemund, terbiasa latihan treadmill pukul 05.00, penulis Gretchen Rubin sudah mulai menulis pada pukul 06.00. Mereka lah contoh-contoh sosok dengan pencapaian tinggi yang mampu menggunakan sebagian besar waktunya sebelum jam sarapan untuk beraktivitas.
“Jika Anda menunggu sampai malam hari untuk melakukan sesuatu yang berarti tapi bukan sesuatu yang mendesak, seperti latihan, berdoa, membaca, merenungkan bagaimana meningkatkan karier atau mengembangkan organisasi, atau memberikan yang terbaik untuk keluarga, kemungkinan besar hal itu tak akan terjadi,” ujar Vanderkam. “Jika hal itu harus terjadi, maka ia harus terjadi lebih dulu.”
Tetapi jika Anda tergolong “orang malam”, Anda sebenarnya masih punya harapan untuk memaksimalkan hari Anda.
“Sekitar 10-20 persen orang memang termasuk orang malam. Mengubah jadwal bukan ide yang bagus untuk orang-orang ini, bahkan mungkin mereka harus memilih profesi dan cara bekerja yang lain,” papar Vanderkam.
Ia menambahkan, sebenarnya ada keuntungannya jika Anda melatih diri untuk keluar dari zona nyaman. Anda bahkan tidak membutuhkan dorongan yang kuat untuk melakukan perubahan menjadi “orang pagi”. Dalam bukunya, Vanderkam juga memberikan proses lima langkah untuk membuat perubahan tanpa merasa terpaksa:
sumber: kompasfemale

4 Pilar Kebangsaan Harus Terus Ditonjolkan


Wakil Ketu MPR RI Muhammad Sohibul Iman menilai untuk merekatkan kebangsaan, perlu teladan dari para pemimpin.
Dia melihat ada indikasi menurunnya kepercayaan publik terhadap institusi  juga kepada elit pemimpin.
“Ada fenomena melunturnya public trust kepada institusi formal dan elit. Maka elit negeri, termasuk saya harus instropeksi untuk mengembalikan hal itu,” kata Iman, di sela-sela sosialisasi  4 pilar kebangsaan di Kota Tasikmalaya tadi malam.
Imam mengatakan tantangan bangsa saat ini terkait dengan globalisasi  sehingga setiap orang dituntut mengisi globalisasi tersebut dengan bijaksana tanpa mengerdilkan 4 pilar kebangsaan.
Namun Imam tidak melihat, rasa kebangsasn saat ini sudah meluntur. Sebab, katanya, pemahaman serta pengamalan pilar kebangsaan harus dilihat dari konteks bukan dari potret pengamalan masyarakat.
“Kita berhadapan dengan globalisasi. Kita ingin Pancasila menjadi sumber inspirasi masyarakat,” katanya.

sumber : bisnisjabar

Polsek Cisayong Tasik Tangkap Komplotan Curanmor


Kepolisian Sektor Cisayong Kota Tasikmalaya berhasil mengungkap jaringan komplotan pencurian kendaraan bermotor yang kerap beraksi di wilayah Tasik utara. Hingga Jum’at (7/6) telah tertangkap 3 pelaku dengan dua unit barang bukti.
Kapolsek Cisayong AKP Semiyono mengatakan pihaknya pada Kamis (6/6) malam telah menangkap 3 orang pelaku yakni Nanang (34) warga Kampung/Desa Condong RT 01/02 Kecamatan Jamanis Tasikmalaya, Dedi Oyo (35) warga Kampung/Desa Pasir Tamiang Kec.Cihaurbeuti Ciamis dan Dede Suhendar warga Kp.Tekahurip RT 01/03 Desa Sukasetia Kec. Cisayong.
“Penangkapan ketiga pelaku itu berdasarkan pengembangan atas pengaduan korban di Cisayong pada 30 Mei 2013 lalu,” ungkap Kapolsek,  Jum’at (7/6/2013).
Korban pencurian dua unit motor jenis CBR 150 cc Nopol Z 4900 KY dan Honda Vario nopol Z 4600 KY itu milik  Nandang Suhendar warga Kp.Babakan Jambu RT 002/007 Desa/Kec.Cisayong.
“Saat pencurian itu rumah dalam keadaan kosong karena korban sedang melakukan ibadah umroh,” katanya.
Dari pengaduan korban itulah Unit Reskrim Polsek setempat melakukan penyelidikan hingga pada Kamis (6/6) pagi mendapatkan informasi ada transaksi penjualan motor curian di wilayah Ciawi dan didapati barang bukti kedua motor tersebut.
“Setelah dicek ternyata benar motor yang akan dijual itu adalah milik korban Nandang,” ujarnya.
Saat ditangkap awalnya hanya seorang pelaku, lalu kemudian berkembang hingga menjadi tiga orang berikut dengan penadah motor curian. Kini ketiga pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman 5 tahun penjara.
“Kami masih terus melakukan pengembangan, diperkirakan jaringan pelaku masih ada. Pelaku sementara diamankan di Polsek Cisayong berikut barang buktinya,” kata dia.

sumber: bisnisjabar

Rayakan Usia ke 16, Shaggydog Rilis Lagu Baru


Memperingati ulang tahun yang ke 16 pada 1 Juni mendatang, kelompok musik Yogyakarta Shaggydog merilis satu lagu baru. Berjudul “Kamu Di Hatiku”, lagu ini sejatinya obat rindu kepada para penggemar sekaligus album baru. Cukup lama memang Shaggydog tidak mengeluarkan album. Terakhir di tahun 2009 dengan album Bersinar.
Lagu ciptaan Heru yang merupakan vokalis Shaggydog sebenarnya direkam pada 2011. Namun karena terdapat kesalahan teknis, Shaggydog pun merekam ulang di studio Lokananta Solo. Kesibukan Shaggydog tampil di banyak panggung menjadi salah satu penyebab utama untuk mengumpulkan materi album baru. “Karenanya harus bikin yang dahsyat, Shaggydog kan punya banyak orang, bukan hanya doggies (fans Shaggydog, red)” tutur Heru.
Pemilihan Lokananta sebagai tempat untuk merekam lagu ini pun bukan tanpa alasan. Menurutnya, Shaggydog memang ingin mencoba rekaman bersama secara live dan tidak melalui per-track. Shaggydog juga ingin ikut terlibat dalam satu gerakan bersama yang dilakukan oleh para musisi untuk melestarikan dan menyelamatkan Lokananta.
Selain akan diputar secara serentak di berbagai radio pada 1 Juni mendatang, tanggal 30 Mei atau tepatnya hari ini Shaggydog mengeluarkan video pendek yang berisi dokumentasi pembuatan “Kamu Di Hatiku”.
Di bulan Februari yang lalu selama seminggu, Shaggydog menjalani karantina di sebuah villa yang terletak di kawasan Kaliurang. Di sana mereka menghasilkan rekaman demo sebanyak 16 lagu. Banyak tema yang dituangkan pada album yang rencananya akan rilis sebelum akhir tahun ini.
sumber: gigsplay

Naser dan Messi Terancam Tidak Main Lawan PBR

Naser dan Messi Terancam Tidak Main Lawan PBR


Selain Hilton Morerira yang sudah dipastikan absen karena terhukum akumulasi kartu kuning, dua pemain lainnya menyusul terancam tidak bisa diturunkan. Naser al Sebai dan Mbida Messi diragukan tampil saat Persib Bandung melawan Pelita Bandung Raya, Selasa (11/6).
Messi sedang berada di Malaysia sejak Rabu (5/6) lalu. Pemain berpaspor Kamerun ini harus mengurus Kitas atau Kartu Ijin Tinggal Terbatas. Namun hingga saat ini masalah administrasi tersebut belum selesai. Messi masih absen hingga latihan Sabtu pagi tadi di Lapangan Pusdikpom, Cimahi.
“Messi masih di Malaysia, dia lagi ngurus kitasnya belum selesai. Hari ini kantor imigrasinya tutup, besok tutup. Jadi kayanya dia baru akan mengurusnya hari Senin. sehingga kemungkinan besar ga main,” kata pelatih Persib Jajang Nurjaman yang ditemui di Mess Persib.
Defender Persib, Naser pun rencananya akan berangkat ke negaranya, Suriah, pada Senin lusa. Tujuannya sama, yakni memperbaharui Kitas. Jika Naser jadi berangkat Senin, praktis ia tidak akan bisa main pada partai derby.
“Naser juga rencananya Senin mau berangkat ke Suriah. Jadi pasti ga main. Tapi ga masalah, masih ada pemain lainnya,” ujar Janur.
sumber: simamaung

Pos Polisi di Tasikmalaya Rusak Dilempari Batu


Sekelompok orang tak dikenal merusak  pos polisi (pospol) di Jl Linggajaya, Kelurahan Cilembang, Kecamatan  Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Ahad (9/6) sekitar pukul 02.00 WIB.
Akibat ulah sekelompok orang tersebut, bagunan pospol mengalami kerusakan di bagian genting dan jendela. Dalam aksinya, pelaku perusakan mengendarai sepeda motor dan melempari pospol dengan sejumlah batu.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Drs Martinus Sitompul, membenarkan adanya kasus perusakan pospol di Tasikmalaya. Sampai saat ini, kata dia, Polresta Tasikmalaya masih melakukan penyelidikan kasus tersebut. Sejumlah saksi yang melihat kejadian tersebut, imbuh dia, telah dimintai keterangannya. " Jajaran Polresta Tasikmalaya juga telah mengamankan sejumlah batu yang digunakan pelaku untuk melempar pospol tersebut," kata dia kepada Republika, Ahad (9/6).

Dikatakan Martinus, saat kejadian perusakan pospol tersebut situasinya sepi. Sejumlah warga di sekitar lokasi kejadian, sempat melihat sekelompok orang yang diduga pelaku perusakan. Pelaku, kata dia, menggunakan sejumlah sepeda motor saat melakukan aksinya. " Kami tidak berani berspekulasi siapa pelaku dan apa motif perusakan pospol tersebut. Biarkan jajaran Polresta Tasikmalaya bekerja untuk mengumpulkan alat bukti dan meminta keterangan sejumlah saksi," ujar dia.

Kapolresta Tasikmalaya,  AKBP Iwan Iman Susilo, menyatakan, peristiwa perusakan pospol tersebut masih dalam penyelidikan. Ia mengatakan, sejumlah saksi telah dimintai keterangannya terkait kasus tersebut. Karena kejadiannya pada dini hari, kata dia, saksi yang melihatnya pun sangat terbatas. " Tapi sudah ada beberapa saksi yang kita mintai keterangannya," kata dia.
sumber: republika

60 Persen PNS Tasikmalaya Membolos di Hari Kejepit

Tasikmalaya : Seolah jadi tradisi, hari kejepit yang jatuh pada Jumat kemarin dijadikan ajang untuk membolos sejumlah pegawai negeri sipil (PNS). Kali ini terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat. Dalam sidaknya, Bupati Tasikmalaya Ruzhanul Ulum menemukan 60 persen pegawai yang membolos.

Dengan didampingi anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Ruzhanul mendatangi beberapa kantor di lingkungan Pemda Tasikmalaya. Kedatangan yang mendadak ini membuat para pegawai kaget dan kebingungan. Apalagi sang bupati langsung meminta daftar absensi dan menemukan banyak pegawainya yang membolos.

Dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (8/6/2013), Ruzhanul menegaskan, akan segera melakukan sanksi terhadap PNS yang membolos. Termasuk sebagai bahan pertimbangan untuk proses promosi jabatan.

Sementara di Serang, Banten, sejumlah PNS terlihat pulang lebih awal pada saat jam kerja masih berlangsung. Ruangan kerja pun terlihat sepi. Hanya terlihat beberapa aktivitas kesibukan dari para PNS ini. Warga Kota Serang menilai, seharusnya PNS lebih disiplin. Sudah saatnya mereka mengingat kembali sumpah dan janjinya untuk taat pada aturan.

sumber: liputan6

Kamis, 06 Juni 2013

Pengrajin Payung Geulis Tasikmalaya

Untuk mencari tempat para pengrajin payung geulis Tasikmalaya tidak sulit dan sangat mudah kita cari, Mungkin jaraknya tidak lerlalu jauh, tidak seperti tempat para pengrajin kerajinan bambu Tasikmlaya yang berada di pedesaan jauh dari pusat kota, Pengrajin payung geulis Tasikmalaya berada sekitar 1 km dari pusat Kota Tasikmalaya bertempat di daerah Panyingkiran, tepatnya di jalan Panyingkiran RT 01 RW 01 Indihiang  kota Tasimalaya,

Sebenarnya keberadaan pengrajin payung geulis Tasikmalaya tidak begitu berbeda dengan para pengrajin lainnya, jumlahnya mulai berkurang seiring permintaan yang terus menurun, sehingga pengrajin mengurangi produksinya hanya melayani pesanan sewaktu waktu.
Para pemesan umumnya sekolah sekolah yang mengajarkan seni dan budaya tradisional, mereka sering memesan payung geulis untuk acara kesenian atau pelajaran melukis dan menggambar dengan menggunakan objek payung geulis.Payung geulis yang di pesan umumnya terbuat dari bahan kertas yang belum di hias atau di gambar, ada juga yang memesan dari bahan kain dan mereka menggambar sendiri payung geulis tersebut sesuai kreasi dan keinginan mereka.
Produk Payung geulis Tasikmalaya
Masyarakat hampir melupakan produk kerajinan ini dan
jarang menggunakan payug geulis, mungkin fungsi dan kegunaan payung geulis sangat terbatas tidak seperti payung biasa yang bisa di gunakan sehari hari, Payung geulis adalah produk yang mempunyai nilai seni yang unik,

penggunaannya  hanya pada tempat dan waktu tertentu misalnya acara pertunjukan seni dan budaya atau di gunakan sebagai hiasan atau dekorasi ruangan misalnya di pasang pada tempat pintu masuk sebagai hiasan selamat datang
Ada berbagai macam ukuran dan bahan yang mereka buat serta hiasan yang sangat menarik. Bahan yang di gunakan yaitu dari bahan kertas atau kain yang bordir atau di lukis, dan untuk ukuran ada yang kecil, sedang atau besar,Sayang dari hiasan gambar kurang begitu berkembang hanya begitu begitu saja, Harusnya agar payung geulis lebih menarik dan lebih modern, Payung geulis harus di buat dengan hiasan atau gambar yang lebih berbeda dari yang biasanya dan harus melibatkan orang seni yang menguasai teknik gambar yang lebih maju dan modern,
Tapi kalau gambar atau hiasan di modifikasi secara modern ciri khas keaslian payung geulis akan berkurang. Umumnya gambar dan hiasan yang di gunakan bentuk bunga. Tapi para pengrajin disana menghiasi gambarnya disesuaikan dengan keinginan pembeli, mau hiasan apa saja bisa, dari berbagai macam bahan dari kertas atau kain juga ada.
Produk Payung geulis Tasikmalaya
Banyak kendala yang di hadapi para pengrajin payung geulis Tasikmalaya saat ini selain menurunnya permintaan yang berimbas pada berkurangnya kapasitas produksi. Serta regenerasi pengrajin yang kurang, kebanyakan para pelukis atau yang menggambar hiasannya, mereka sudah berusia lanjut,  anak anak muda sekarang kurang berminat menekuni pembuatan payung geulis apalagi dalam pengembangan payung geulis ke depan, sehingga masa yang akan datang keberadaan payung geulis masih di ragukan apakah masih ada atau tidak.    

Produksi Payung geulis sekarang tidak hanya dari Tasikmalaya saja tapi dari daerah lain pun ada, mereka memproduksi payung geulis yang sama, Untuk memenangkan persaingan para pengrajin payung geulis Tasikmalaya harus meningkatkan mutu dan kualitas produk dan harus membuat payung geulis yang lebih menarik dan modern sehingga menarik minat pembeli, seperti produk kerajinan lainnya,tidak lupa promosi agar semua orang tahu bahwa kita punya produk yang unik dan bernilai seni tinggi. Sumber

Rabu, 05 Juni 2013

Kapolda Jabar Masuk Daftar Pengganti Kapolri


Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Timur Pradopo seharusnya baru memasuki masa pensiun pada Januari 2014 mendatang.

Namun Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mempercepatnya menjadi tahun ini. SBY menginginkan Kapolri baru segera dipilih agar Kapolri terpilih nanti bisa segera mempersiapkan pengamanan jelang Pemilu 2014.

Persaingan menduduki kursi Kapolri menjadi semakin terbuka, karena Wakapolri, yang saat ini dijabat oleh Komjen Pol Nanan Soekarna juga akan segera memasuki masa pensiun pada bulan Agustus mendatang.

Berdasarkan catatan Tribunnews.com, terdapat sembilan nama calon Kapolri yang sudah bocor. Yakni saat Komisi Kepolisian Nasional secara resmi meminta Komisi Nasional Hak Asasi Manusia menelusuri rekam jejak kesembilan kandidat pengganti Timur Pradopo.

Terdapat tiga calon Kapolri berbintang tiga, atau berpangkat Komisaris Jenderal (Komjen) dan lainnya didominasi dari Jenderal Bintang dua.

Adapun ketiga jenderal bintang tiga di antaranya Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Komjen Pol. Sutarman, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol. Anang Iskandar, dan Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (Kalemdikpol) Komjen Pol. Budi Gunawan.

Sementara itu, calon Kapolri lain, yakni Irjen Pol Badrodin Haiti, mantan Kapolda Jawa Timur yang kini menjabat sebagai Deputi Operasi Kapolri (Deops Kapolri). Lalu, Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya, Kapolda Jawa Barat.

Selain itu, Irjen Pol. Putut Eko Bayuseno, Kapolda Metro Jaya DKI Jakarta, dan Irjen Pol Saud Usman Nasution, Kapolda Sumatra Selatan.

Lebih lanjut terdapat pula nama, Irjen Pol Arief Wachyuhadi, Kapolda Bali dan Irjen Pol Anas Yusuf, Kapolda Kalimantan Timur.

Terkait sembilan nama calon Kapolri tersebut, Ketua Komisi III I Gede Pasek Suardika menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden untuk memilih pengganti Timur Pradopo. Politisi Partai Demokrat itu tidak ingin berspekulasi calon mana yang layak menjadi Kapolri.

"Kita menunggu keputusan presiden saja," ungkap Gede Pasek kepada Tribunnews.com, Rabu (5/6/2013).
sumber: tribunnews

Tasik Festival 2013 Dikunjungi 7.000 Orang Tiap Hari

Hujan yang masih kerap turun dalam sepekan terakhir tak lantas membuat pengunjung Tasik Festival (TaFes) 2013 surut. Faktanya, dalam rentang sepekan pelaksanaanya, tingkat kunjungan terus menunjukan grafik peningkatan. Dari awal pembukaan yakni Sabtu hingga Minggu (18-26/5), rata-rata pengunjung mencapai 7.000 orang saban hari. Grafiknya terus meningkat dan hal itu disambut para peserta pameran.
Puncak kunjungan terjadi pada Jumat sampai dengan Minggu (24-26/5) dimana tingkat kunjungan cukup tinggi yakni mencapai sebanyak 40.000 orang pengunjung. Rinciannya, pada Sabtu - Rabu (18-22), kunjungan rata-rata hanya mencapai 3.000 orang. 
Namun setelah itu, kunjungan terus meningkat pada hari Kamis-Minggu (23-26) dimana kunjungan mencapai 6.000 orang, 10.000, 18.000 dan 12.000. “Awalnya, kita sempat ragu dengan kondisi cuaca. Namun, hujan justru menjadi berkah karena kunjungan tetap tinggi. Tentu saja hal itu membuat peserta tetap bisa tersenyum,” ungkap Suparman, pemilik stan Isdiman Nur­sery, Senin (27/5) kemarin. Seorang pemilik stan peralatan gunung asal Ga­rut pun mengakui jika animo pengunjung tergolong cukup besar. Hanya dia tidak menampik jika tingginya kunjungan belum berkorelasi positif terhadap nilai transaksi. 
Dirinya mengaku baru merasakan transaksi di kisaran 30 persen dari target saban harinya. “Kunjungan memang tidak terlalu terpengaruh cuaca karena ada peneduh. Hanya kebanyakan masih lihat-lihat dan tertarik terhadap beragam produk peralatan outdoor yang kami sediakan. Apalagi sejumlah merek tersedia disini,” kata pengelola stand itu. Meski demikian, melihat antusiasme ­­­­yang cukup tinggi dari masyarakat, Suparman maupun masih menyimpan optimisme jika target yang dicanangkan bisa tercapai. “Saya yakin, pengunjung yang awalnya hanya lihat-lihat akan kembali datang da­­n memboyongnya ke rumah,” kata Suparman. Suparman yang menjadi satu-satunya stand penyedia tanaman hias itu pun mengaku bersyukur karena panita masih memberi ruang bagi pelaku usaha tanaman hias untuk mengangkat pamor usaha tersebut. Sikap pengelola yang memberi ruang bagi pelaku usaha tanaman hias rupanya tidak sia-sia. 
Para pengunjung sering menghentikan langkahnya ketika melintas di stan tanaman hias. Hal itu terjadi karena tanaman yang dipajang cukup beragam dan banyak yang unik. Di kelas sansievera misalnya, tanaman-tanaman berkelas seperti pinguiculata, pagoda, goodflame, malawi, kuku bima dan lainnya tampak dihadirkan. 
Beragam jenis anthuriam pun masih diboyong untuk melengkapi pilihan pengunjung. Suparman, pemilik stan Isdiman Nursery menyebut, respon pengunjung terhadap tanaman hias terlihat masih cukup besar. Kesadaran masya­rakat untuk melengkapi halaman rumah dengan tanaman, kata Parman, sapaan akrabnya mulai tumbuh. Begitu pun dengan pengelola perkantoran yang kini mulai melek dengan lingkungan dengan memilih rental tanaman hias. 
“Mudah-mudahan saat kondisi alam sudah kurang bersahabat, kesadaran masyarakat untuk memelihara tanaman bisa semakin tumbuh. Selain alam bisa lestari, dapur pelaku usaha tanaman hias juga tentunya bisa tetap ngebul kan,” tandas Parman. Selain menawar­kan produk berkelas, untuk lebih banyak memberikan pilihan, selama pelaksanaan Tasik Festival, Isdiman Nursery juga menawarkan tanaman yang dihargai sangat terjangkau seperti Brokoli yang hanya dihargai Rp 25.000, sambang merah Rp 25.000, Lili Brajil Rp 5.000, Zodia Rp 5.000, kayu besi Rp 25.000 dan masih banyak lagi yang lainnya.
“Disini kita jual tanaman mulai dari yang harganya Rp.5.000 perak hingga yang harganya 1,5 Juta rupiah,” katanya.
sumber: kabar priangan